Proyek Investasi IKN, IJM: Jangan sampai Rakyat yang Dirugikan

MutiaraUmat.com -- Menyoroti pemberitaan terkait beberapa nama konglomerat Indonesia yang akan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana mengingatkan jangan sampai hal itu merugikan rakyat. 

"Siapa yang diuntungkan dari kebijakan ini? Jangan sampai rakyat atau rumah tangga yang dirugikan, termasuk pemerintah karena pemerintah sebagai representasi rakyat," tuturnya dalam video Segala Diobral demi IKN? di kanal YouTube Justice Monitor, Kamis (16/5/2024). 

Menurutnya, jika pemerintah sebagai public regulator akan menanggung kerugian, niscaya rakyat pun demikian. "Apakah keikutsertaan para taipan tanah air seperti Sukamto Tanoto, Aguan, dalam membangun proyek IKN tadi bakal menjadi jaminan proyek itu akan menguntungkan rakyat ataukah justru menjadi ancaman yang baru?" singgungnya. 

Seperti diketahui, Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut sejumlah nama seperti Sugianto Kusuma, Sukamto Tanoto yang akan membangun sejumlah proyek strategis di IKN; stasiun-stasiun untuk moda transportasi, hotel, cafe, pusat olahraga, dan lainnya. 

Agung mengingatkan, jangan sampai kebijakan itu justru hanya menguntungkan pihak investor. "Jangan sampai regulasi itu hanya menguntungkan pihak swasta baik dalam negeri maupun luar negeri karena proporsi perannya yang sangat terbuka," pungkasnya.[] Saptaningtyas-Tenira

0 Komentar