Mahasiswa Amerika Bergerak, IJM: Rezim Kapitalis Amerika Serikat Telah Kehilangan Landasan Moralnya

MutiaraUmat.com -- Menyikapi terjadinya unjuk rasa mahasiswa pro Palestina di berbagai Universitas Amerika Serikat yang menyita perhatian dunia, Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM) Agung Wisnuwardana menilai bahwa rezim kapitalis Amerika Serikat telah kehilangan landasan moralnya. 

“Rezim kapitalis Amerika Serikat telah kehilangan landasan moralnya,” ungkapnya dalam Channel YouTube Justice Monitor: Bergolak! Mahasiswa Amerika Serikat Bergerak, Selasa (30/04/2024). 

Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut terjadi sejak lama, yakni perang brutal yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Afganistan dan Irak menjadi bukti nyata kemerosotan moral Amerika Serikat serta kejahatan dan tindakannya. 

“Di mana perang brutalnya yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap Afganistan dan Irak menjadi bukti nyata kemerosotan moral Amerika Serikat,” ungkapnya. 

Ia menilai, aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa di Amerika Serikat sudah berlangsung beberapa bulan lalu, yakni sejak  7 Oktober 2023 lalu, sebagai respons atas serangan membabi buta oleh Israel ke Gaza Palestina. 

“Namun baru belakangan menjadi perhatian global, menyusul semakin meluasnya aksi dukungan di kampus-kampus seantero Amerika Serikat, membuat pihak kampus mengizinkan polisi memasuki kampus, sehingga memicu gesekan dalam unjuk rasa,” imbuhnya. 

Ia menyebut, para mahasiswa berunjuk rasa dengan mendirikan kemah sebagai solidaritas aksi. Semua universitas di Colombia di New York sudah membangun perkemahan solidaritas Gaza. 

“Sejak sepekan yang lalu, seratus  pendemo pro Palestina di Colombia University di New York ditangkap dan para Mahasiswa juga mendesak memutus investasi dengan perusahaan yang terkait dengan Israel, serta menghentikan kerja sama studi luar negeri dengan universitas di Israel," tutupnya.[] Mustaqfiroh

0 Komentar