Ketua LBH Pelita Umat Mencurigai Isu Pengungsi Rohingya Masuk Pusaran Pilpres


MutiaraUmat.com -- Advokat LBH Pelita Umat, Chandra Purna Irawan mencurigai bahwa isu imigran Rohingya berpotensi masuk dalam pusaran Pilpres 2024. Sebagaimana beberapa kasus pemilu seperti di Turki dan Amerika yang juga memanfaatkan isu imigran tertentu untuk memperoleh suara.

“Saya membaca jangan-jangan isu Rohingya ini masuk pusaran Pilpres 2024,” ungkapnya dalam acara Fokus Spesial Refleksi Akhir Tahun di kanal YouTube UIY Official, Ahad (31/12/2023).

Karena menurutnya, kalau berkaca pada peristiwa pemilu Turki, isu imigran Suriah juga dimainkan oleh kelompok ultra-nasionalis. Kemudian di Amerika, Donald Trump juga mengangkat isu pengungsi Meksiko. Maka, curiga adanya politisi tertentu yang bermain untuk meraih suara dari kelompok nasionalis dan ultra-nasionalis dari isu pengungsi Rohingya.

“Cara mengetahuinya gampang. Cek saja  statement dari para politisi itu yang mengeluarkan pernyataan mengobarkan kebencian terhadap imigran Rohingya,” ujarnya.

Sebelumnya Chandra juga mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi dan agar tidak memukul rata isu perilaku buruk imigran Rohingya. Ia berharap masyarakat lebih mengedepankan normatif berdasarkan hukum.

“Perilaku buruk itu kan tidak semuanya. Perilaku buruk itu kan dapat diberikan sanksi, bahkan dapat ditertibkan. Mereka itu tetap objek hukum walaupun beda negara,” tandasnya.  []Nurichsan.

0 Comments