Vaksin Influenza, di Masa Pancaroba, Pentingkah?

MutiaraUmat.com -- Perubahan musim setiap tahunnya selalu meninggalkan masalah yang sama. Peningkatan kasus influenza selalu terjadi ketika peralihan musim. Meskipun penyakit ringan, nyatanya influenza juga dapat berakibat serius pada sebagian orang. 

Influenza sangat mudah sekali menyebar, virus ini dapat menyebar melalui percikan air liur atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus. Hal ini menyebabkan jumlah kasusnya terus meningkat ketika pergantian musim.

Meskipun hanya menimbulkan sakit ringan, nyatanya influenza juga dapat menyebabkan komplikasi serius. Menurut WHO, angka kejadian influenza yang berkomplikasi mencapai 5 juta kasus per tahun dan angka kematian mencapai 650.000 kasus di seluruh dunia. Dikutip dari jawapos.com (13/11/2023).

Komplikasi akibat penyakit flu lebih berisiko terjadi pada: 
Pertama, anak berusia di bawah 5 tahun.

Kedua, orang lanjut usia (lebih dari 65 tahun) dan wanita hamil.

Ketiga, penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, penyakit jantung, paru kronis, dan asma. 

Maka dari itu, WHO, IDAI, dan PAPDI merekomendasikan pemberian vaksin influenza setahun sekali pada orang-orang yang mungkin terkena komplikasi. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi meliputi pneumonia, gangguan sistem saraf pusat, dan gangguan jantung seperti miokarditis dan serangan jantung.

Selain itu, influenza juga bisa memperparah kondisi penyakit kronis, seperti asma, diabetes, dan gagal jantung kongestif.

Mengingat influenza dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian. Maka, melakukan pencegahan terhadap penyakit ini sangatlah penting. Salah satu pencegahan influenza adalah dengan pemberian vaksin influenza seperti yang direkomendasikan oleh WHO.

Sayangnya, belum banyak fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan terkait vaksin ini. Hal ini, seharusnya menjadi perhatian negara untuk bisa memberikan pelayanan pencegahan pada setiap penyakit yang bisa membahayakan masyarakat.

Masih sedikitnya fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin influenza, membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkannya. 

Di daerah Kabupaten Bandung sendiri, terutama Cileunyi dan sekitarnya belum banyak yang menyediakan vaksin influenza, padahal jumlah kasus influenza sendiri terus meningkat. Salah satu yang menyediakan vaksin influenza di sekitar Cileunyi adalah RS.AMC Bandung. 

Di RS.AMC, masyarakat bisa mengakses vaksin dengan mudah dan dengan harga terjangkau. Seperti yang dilakukan Bank Permata cabang Astana Anyar Bandung pada tanggal 28 November lalu dengan memberikan vaksin Influenza untuk seluruh karyawannya melalui RS. AMC.

Dengan hadirnya vaksin Influenza di RS.AMC memudahkan akses untuk masyarakat Bandung Timur, khususnya Cileunyi dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada pencegahan influenza, dan dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.[]

Oleh: apt. Dian Budiarti, S.Farm
(Apoteker)

0 Comments