Inilah Fakta tentang Rohingya


MutiaraUmat.com -- Jurnalis Joko Prasetyo atau sering disebut Om Joy mengatakan beberapa fakta tentang Rohingya yang tidak bisa dibantah.

"Muslim Rohingnya yang diusir dari tanah airnya sendiri di Arakan oleh rezim Myanmar, dan Israel mendukung militer Myanmar dalam pengusiran itu. Penjajahan Muslim Rohingnya yang terjadi sejak Kesultanan Benggala ini adalah fakta yang tidak bisa dibantah," ujarnya kepada MutiaraUmat.com, (7/12/2023).

Om Joy menyebutkan, pertama, Muslim Rohingnya diusir dari tanah airnya sendiri dari Arakan oleh rezim Budha Myanmar dari masa ke masa.

"Kedua, Israel juga mendukung militer Myanmar dalam genosida terhadap Muslim Rohingnya dan perang saudara pada tahun 1952, dan itu tertuang dalam dokumen Kementerian Luar Negeri Israel setebal 25.000 halaman yang dirilis media Haaretz," katanya.

Ketiga, sejak terjajahnya Kesultanan Benggala yang meliputi Negara Bangladesh saat ini, India bagian timur saat ini, dan Arakan yang terjadi di Myanmar ini adalah ulah Inggris yang ingin meruntuhkan dan memecah belah negara tersebut termasuk umat Muslim. 

"Sejak terjajahnya Kesultanan Benggala, kaum Muslim di Myanmar banyak yang tidak paham akan agama Islam sendiri, terkesan ngelunjak, tidak sopan, dan lainya ini merupakan akumulasi dari keterjajahan sejak Kesultanan Benggala tersebut," ungkapnya.

Dan lagi-lagi, katanya, keawaman tentang Islam itu sejatinya melanda mayoritas Muslim sedunia tidak hanya di Myanmar saja, melainkan Indonesia dan Negara lainya. Sehingga Muslim di Indonesia, Malaysia, dan Bangladesh pun enggan mengurus dan mendidik Rohingya ketika mendapati Muslim Rohingnya yang jauh dari Islamnya dan awam akhlak Islam. 

"Jadi, Inggris memang tidak mau melihat kaum Muslim bersatu dengan ini, mereka ingin mengancurkan kaum Muslim sehancur-hancurnya," tutupnya [] Indah Setyorini

0 Comments