Dampak Pembangunan KEK untuk Masyarakat


MutiaraUmat.com -- Pengamat Politik dan Ekonomi Ustazah Asri Suangga, S.E., M.Si. mengungkapkan dampak KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) untuk masyarakat. 

"Menurut pernyataan yang disampaikan warga yang menjadi korban penggusuran lahan di Mandalika, KEK itu justru menghilangkan mata pencaharian," ungkapnya dalam Live Discussion: Dusta KEK sebagai Jalan Menuju Sejahtera, di Fanpage MuslimahNewCom, Jumat (22/12/2023).

Selain menghilangkan mata pencaharian keluarga, katanya, juga menghilangkan lahannya, dan juga merampas ruang hidupnya. Karena mereka dibatasi aksesnya sama sekali. Mereka tidak mendapatkan kesejahteraan yang dijanjikan. 

"Kalau kita bicara mata pencaharian keluarga, tentunya akan berdampak pada kehidupan para istri dan anak-anaknya. Ekonomi mereka bukan makin membaik, tetapi makin memburuk. Maka keluarga itu harus bekerja lebih keras untuk mandapatkan pundi-pundi ekonomi," ujarnya. 

Maka menurutnya, istri pun harus keluar mencari penghidupan dan anaknya pun jadi korban. Bahkan di sebagian KEK yang Industrinya itu mensyaratkan perempuan sebagai pekerjaannya, justru lapangan pekerjaan itu disediakan untuk perempuan. Selanjutnya yang muncul bukan hanya dampak secara ekonomi, tetapi juga dampak secara sosial. 

"Selain itu, KEK yang dibuka untuk pariwisata, mau tidak mau akan memasukkan wisatawan asing pun domestik. Dan yang ditawarkan adalah hiburan yang sesuai dengan gaya hidup wisatawan asing ini. Dan sudah bukan rahasia lagi di situ akan banyak perzinaan, narkoba, dan itu berdampak pada perempuan dan anak yang akan merusak moral dan sebagainya," pungkasnya.[] Rina

0 Comments