Muslimah Tangguh Anti Rapuh


MutiaraUmat.com -- Komunitas Hijrah Muslimah Smart With Islam Leces mengadakan acara Majelis Ta’lim (MT) kembali. Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.30 – 10.30 WIB. Bertempat di Jl. Ronggojalu, Leces, Probolinggo (26/11/2023).

Acara ini dipandu oleh Kak Aya sebagai host, dan dibuka dengan Tilawah Al-Qur’an surah Al Furqan ayat 27-28 dan surah Al Baqarah ayat 208 yang dibacakan oleh salah satu peserta MT. Acara dilanjutkan dengan pengenalan singkat mengenai Komunitas Hijrah Muslimah Smart With Islam Leces. Selanjutnya materi disampaikan oleh Kak Inas.

Kak Inas memulai materi dengan memaparkan berbagai kasus remaja yang meninggal akibat bunuh diri dalam beberapa bulan terakhir. Kak Inas menjelaskan faktor dibalik rapuhnya remaja saat ini, akibat efek dari pemahaman sekularisme. Sekulerisme adalah pemisahan islam dari kehidupan. Pemahaman sekulerisme inilah yang membuat remaja kehilangan jati dirinya sebagai seorang muslimah, gampang menyerah dan putus asa, serta berpemahaman bebas. Kak Inas menambahkan bahwa kurikulum pendidikan saat ini juga berasaskan sekularisme sehingga menghasilkan generasi yang jauh dari takwa.

Selanjutnya Kak Inas memberikan solusi dari meningkatnya kasus bunuh diri di kalangan remaja saat ini. Solusi tersebut adalah dengan islam. Aturan islam harus diterapkan di kehidupan sehari- hari. Membekali diri dengan pendidikan islam sejak dini dan adanya negara yang menggunakan aturan islam sehingga menghasilkan sistem pendidikan dengan kurikulum berbasis akidah islam. Kak inas juga memberikan tips agar menjadi muslimah yang tangguh, di antaranya yaitu :
Pertama. Mengkaji islam intensif.
Kedua. Berkumpul dengan teman salihah.
Ketiga. Mendakwahkan Islam.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi/tanya jawab. Salah satu peserta mengajukan pertanyaan terkait tindakan yang harus diambil jika pernah melakukan self harm. Kak Inas menjelaskan bahwa kita tidak boleh menzolimi tubuh kita. Bagi yang pernah melakukan self harm, maka harus bertekad tidak melakukan lagi dan jika ada masalah jangan dipendam sendiri, ceritakan kepada orang yang bisa dipercaya serta segera mencari solusi.

Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprise dan ditutup dengan do’a yang dibacakan oleh Kak Fila. Acara diakhiri dengan foto bersama.

Semoga acara ini diberkahi oleh Allah dan dicatat sebagai amal kebaikan untuk kita semua. []


Oleh : Nidaul Jannah
Aktivis Muslimah

0 Comments