Gerakan Aksi Bela Palestina Amatlah Penting


MutiaraUmat.com -- Pemerhati Politik Islam Endiyah Puji Tristanti menegaskan bahwa aksi bela Palestina yang bermunculan di banyak wilayah di belahan dunia ini amatlah penting. 

“Kalau dikatakan apa pentingnya gerakan-gerakan (bela Palestina) itu? Oh, sangat penting sekali. Buktinya adalah kita melihat dari tahun ke tahun gelombang yang menunjukkan kesadaran terhadap apa yang terjadi pada Palestina itu kan terus meluas,” tuturnya dalam acara Mozaik Perubahan: Palestina Memantik Perubahan Global? di kanal YouTube Muslimah Media Center, Kamis, 2 November 2023. 

Menurutnya, kesadaran masyarakat yang meluas itu menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, gerakan-gerakan yang mengungkap kebenaran bukan tidak ada gunanya. Hanya saja, sambungnya, perlu upaya sistematis agar gerakan-gerakan tersebut memiliki efek yang lebih besar. 

“Dan hanya saja barang kali yang kemudian perlu untuk kita bicaran adalah bagaimana agar gerakan-gerakan ini memiliki efek yang kemudian besar. Maka, kan membutuhkan upaya yang sistematis. Kan begitu, ya?” imbuhnya. 

Sebab, menurut Endiyah, penyelesaian pemasalahan Palestina dibutuhkan kekuatan militer. Sedangkan, langkah tersebut belum dilakukan hingga saat ini karena menurutnya rezim-rezim yang ada di dunia hari ini mengekor pada Barat.

"Karena kalau kita membicarakan Palestina sendiri, itu ujungnya adalah dibutuhkan kekuatan militer, kan? Akan tetapi kan itu tidak bisa dilakukan. Karena, keberadaan rezim-rezim pada hari ini berada pada posisi mengekor rezim Barat," pungkasnya.[] Hima Dewi

0 Comments